Thursday, March 14, 2013

Cara Membuat Rujak Cingur

Rujak Cingur, Surabaya Traditional Food

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional di Surabaya, Jawa Timur. Rujak cingur biasanya terdiri dari beberapa jenis buah-buahan seperti irisan mentimun, krai (sejenis mentimun khas Jawa Timur), bengkoang, mangga muda, nanas, dan menambahkan kue beras, tahu, tempe, cingur, bendoyo dan sayuran seperti bibit / kecambah, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan dicampur dengan saus yang dibuat dari pasta udang, air matang, gula merah, cabai, kacang tanah goreng, bawang goreng, garam dan diiris tipis dari kacang hijau pisang muda. Semua saus / bumbu dicampur dalam hancur.
Makanan ini disebut rujak cingur karena bumbu olahan yang digunakan adalah udang pasta dan iris cingur. Inilah yang membedakan makanan rujak pada umumnya biasanya tanpa menggunakan bahan cingur tersebut. Salad disajikan dengan kerupuk cingur extra ordinary, dan dengan pincuk dasar (daun pisang) atau piring.
Bahan:

    
50 gram kangkung yang telah dibersihkan
    
50 gram tauge
    
75 gram kacang panjang (membagi dua memanjang)
    
75 gram mentimun
    
100 gram bengkoang
    
50 gram mangga muda
    
75 ons tempe goreng
    
100 gram tahu goreng
    
250 gr cingur (tulang rawan hidung sapi), kikil kulit sapi, rebus.
Bumbu:

    
6 buah cabai rawit atau sesuai selera
    
2 sendok kacang goreng
    
200 gram terasi
    
Sendok teh terasi 1-3 panggang
    
1 batu kasar pisang parutan
    
1 sendok teh asam
    
50 cc air matang
Cara Membuat:
1. Rebus kangkung, taoge, dan kacang panjang sampai matang, angkat.2. Mentimun potong dadu, bengkoang, mangga muda, tempe goreng, tahu goreng dan cingur, sisihkan.3. Buat pasta salad bumbu: Grind cabe, terasi, kacang goreng, dan paste hingga tercampur rata. Masukkan pisang asam, parut dan air, dimasak, haluskan lagi.4. Campur bumbu pasta salad dengan sayuran rebus, buah, goreng tempe, tahu dan cingur. Aduk sampai halus. Sajikan dengan kue beras padi.

No comments:

Post a Comment